IndonesianChinese (Simplified)DutchEnglishJapanese

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Home
  • Layanan
  • SERTIFIKASI ISPO
  • Layanan Sertifikasi

Layanan Sertifikasi ISPO

 

Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO)

 

Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia atau Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) adalah Kebijakan yang dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia dan dilaksanakan melalui Kementerian Pertanian dalam upaya menjadikan Usaha Perkebunan Kelapa Sawit yang layak ekonomi, layak sosial budaya dan ramah lingkungan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan meningkatkan daya saing produk kelapa sawit industri untuk pasar internasional.

Ada apa dengan ISPO ?
Sejak tahun 2011, sertifikasi ISPO wajib bagi semua Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit dan akan menjadi wajib di bulan November 2025 untuk Pekebun Kelapa Sawit. Melalui sertifikasi ISPO, ada jaminan tertulis bahwa produk dan tata kelola Perkebunan Kelapa Sawit telah memenuhi prinsip dan kriteria ISPO.
Sejak diberlakukan wajib pada tahun 2011 sebagaimana Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 19/Permentan/OT.140/3/2011 Tentang Pedoman Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Indonesian Sustainable Palm Oil/ISPO), skema sertifikasi ISPO telah mengalami 2 (dua) kali perubahan, dengan perubahan terakhir yaitu melalui Peraturan Menteri Pertanian No. 38 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia.
1. Prinsip dan Kriteria ISPO untuk Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit meliputi :
a. kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan;
b. penerapan praktik perkebunan yang baik;
c. pengelolaan lingkungan hidup, sumber daya alam, dan keanekaragaman hayati;
d. tanggung jawab ketenagakerjaan;
e. tanggung jawab sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat;
f. penerapan transparansi; dan
g. peningkatan usaha secara berkelanjutan.
2. Prinsip dan Kriteria ISPO untuk Pekebun meliputi :
a. kepatuhan terhadap peraturan perundang­ undangan;
b. penerapan praktik perkebunan yang baik;
c. pengelolaan lingkungan hidup, sumber daya alam, dan keanekaragaman hayati;
d. penerapan transparansi; dan
e. peningkatan usaha secara berkelanjutan

Keuntungan Sertifikasi ISPO
Dengan sertifikasi ISPO maka perusahaan dapat menunjukkan komitmen dalam menerapkan prinsip – prinsip pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan yang menjamin bahwa produk yang dihasilkan telah layak ekonomi, layak sosial budaya dan ramah lingkungan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan, serta turut meningkatkan keberterimaan dan daya saing Produk dan turunan Minyak Kelapa Sawit Indonesia di pasar nasional dan internasional, dan meningkatkan upaya percepatan penurunan emisi gas rumah kaca.

Keuntungan Memilih EQUALITY Certification
Kondisi bisnis banyak mengalami perubahan yang dipengaruhi oleh kepentingan berbagai pihak, untuk tetap dapat produktif dan kompetitif maka beradaptasi dengan perubahan adalah suatu kewajiban.
Dengan mengutamakan penerapan azas kesetaraan, transparansi, independensi, otonomi, imparsial, dan egaliter, namun tetap dapat mewujudkan spirit kewirausahaan. EQUALITY Certification dapat membantu untuk melangkah maju ke depan dengan penuh percaya diri.
Salah satu layanan sertifikasi yang dikembangkan oleh EQUALITY Certification adalah skema Sertifikasi ISPO. Dalam menjalankan operasionalnya, EQUALITY Certification menerapkan sistem yang mengacu kepada persyaratan standar sebagai berikut:
• SNI ISO/IEC 17065:2012 Penilaian kesesuaian - Persyaratan untuk lembaga sertifikasi produk, proses, dan jasa
• Peraturan Presiden No. 44 Tahun 2020
• Peraturan Menteri Pertanian No. 38 Tahun 2020
• Peraturan dari badan regulasi (regulatory body) atau persyaratan khusus lainnya yang ditetapkan.

 

} ?>